
Adolf Hitler, Kanselir Jerman, memerintahkan Ferdinand Porsche (yang pada tahun 1933 diminta untuk membuat mobil rakyat) untuk mendesain kendaraan tempur. Ferdinand Porsche bergerak cepat. Prototipe mobil rakyatnya, KdF, yang di belakang hari populer dengan nama Volkswagen Beetle, langsung dimodifikasi menjadi mobil tempur di pabrik KdF Wagen. Era kendaraan tempur dimulai pada 1933, saat Angkatan Darat Jerman memerintahkan semua pabrik mobil membuat kendaraan yang ke-empat rodanya dapat bergerak bersama-sama, yang akan digunakan untuk keperluan perang. Sistem penggerak ini nantinya disebut sebagai system 4 x 4 atau 4 wheel drive.

G-Class
Perusahaan pertama yang berhasil memenuhi permintaan ini adalah Mercedes Benz, pada tahun 1933. Mercedes Benz bisa dengan cepat memenuhi pesanan ini dengan cara melakukan modifikasi pada salah satu jenis kendaraan lintas alam (cross country) yang pernah diproduksi pada tahun 1926, yang diberi nama G-Class atau kependekan dari Gelaendewagen (= land cruiser, dalam bahasa inggris). G-Class versi awal ini adalah sebuah truk yang menggunakan 6 roda.

Kubelwagen

Kubelwagen
Pada Tahun 1939 Kubelwagen atau Type 82. dengan spesifikasi: menggunakan mesin 1.131 cc, 4 silinder, berpendingin udara, dan diletakkan di bagian belakang mobil. Selain Kubelwagen, Ferdinand Porsche juga mendesain Schwimmwagen (14.276 unit), yaitu satu jenis kendaraan yang daapat digunakan di dua alam (amfibi) yaitu tipe 128 dan tipe 166. Mesinnya sanggup mengeluarkan daya 25 PK. Untuk bergerak di air, pada bagian belakang mobil dilengkapi dengan propeler yang bisa dilipat.
Evolusi Mobil Jeep

Ada satu jenis kendaraan, yang identik dengan kendaraan perang. Di Indonesia, kendaraan ini dikenal dengan nama “Jip”. Sebutan “Jip” sendiri diambil dari kata “Jeep” yang merupakan salah satu kendaraan produksi Amerika Serikat. Jika melihat sejarahnya, sesungguhnya Jeep bukanlah pelopor kendaraan khusus bagi keperluan militer. Tetapi justru nama ini yang nantinya terkenal sebagai kendaraan militer yang legendaris.
1941 Willys MA

Setelah menjalani proses seleksi dari 135 perusahaan yang mengikuti tender, mobil produksi Willys-Overland keluar sebagai pemenang. Namun, mobil ini tetap belum memenuhi syarat. Bobot matinya masih lebih berat 113 kg daripada yang disyaratkan. Rangka mobil itu pun diganti menggunakan baja yang lebih ringan. Cat mobil pun dikurangi, dari dua lapis menjadi hanya satu lapis. Aksi Roos dan para krunya ini berhasil mengurangi berat mobil ini sebesar 119 kg.
1943 Willys MB

Angkatan Darat Amerika Serikat pada 1941 memutuskan bahwa akan lebih efektif dalam mengeluarkan biaya jika tiap model mobil Willys disamakan dalam satu standar model. Ford melakukan perbaikan dari MA dengan menghasilkan berat badan mobil yang lebih ringan, maka jadilah Willys MB. MB Merupakan ikon Perang Dunia II sebagai General Eisenhower dan M4 Sherman tank. Model ini merupakan awal mula jenis mobil dengan tipe bak terbuka dengan nama Jeep yang sebenarnya merupakan nama jenis mesin yang digunakan dalam mobil ini yang merupakan mesin produksi dari Ford yaitu GP
1945 Jeep Willys CJ-2A

1948 Jeepster

Jeepster adalah Jeep dengan konsep SUV dan sangat menarik (oleh Brooks Stevens), meskipun dari sisi penjualan cukup mengecewakan.
1957 Jeep FC-170

1954 Jeep CJ-5

Kendaraan diperkenalkan pada tahun 1954 dan diproduksi hingga tahun 1983, dengan konsep dasar adalah Jeep M38A1 yang digunakan selama Perang Korea.
Code:
Production 1954-1983 Engine(s) Willys Hurricane F-head I4 Perkins Diesel 225 cu in (3.7 L) Dauntless V6 151 cu in (2.5 L) Iron Duke I4 232 cu in (3.8 L) AMC I6 258 cu in (4.2 L) AMC I6 304 cu in (5 L) AMC V8 Transmission(s) 3-speed manual 4-speed manual Wheelbase 81 in (2057 mm) (1954-1971) 83.5 in (2121 mm) (1972-1983) Length 138.2 in (3510 mm) Width 68.5 in (1740 mm) Height 67.7 in (1720 mm) Curb weight 2,665 lb (1,209 kg)[9] Related Jeep DJ-5
1979 Jeep CJ-7

1984 Jeep Cherokee

1989 Jeep Grand Wagoneer

1994 Jeep Wrangler

1997 Jeep Wranger

2009 Jeep Compass

2009 Jeep Commander

2011 Jeep Grand Cherokee

0 comments
Post a Comment