Sunday, October 26, 2014

Sejarah Harley Davidson

Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William Harley membuat motor Harley-Davidson yang pertama. Setahun kemudian mereka mulai memproduksi sepedamotor untuk di jual. Tahun 1909 Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang memiliki dua silinder dengan konfigurasi seperti huruf “V”. Mesin tersebut memiliki suara yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak lama mesin tersebut menjadi mesin Amerika klasik.

Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepedamotor modern mulai terbentuk. Bentuk tersebut meliputi peletakan mesin di antara roda depan dan belakang dan sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.

Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai sarana transportasi yang tangguh bagi militer Amerika dan Eropa, mampu mengurangi beban jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran. Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.

Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepedamotor di Amerika utara di produksi oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris seperti Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph.

Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepedamotor dengan pengembangan pada mesin dan suspensi dan mereka mampu bersaing dengan produsen motor yang sudak lebih dulu ada. Kelak, sepedamotor dengan mesin 4 langkah 750 sampai 1200 cc yang bertenaga besar produksi mereka akan mendominasi pasar sepedamotor jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 sampai 500 akan menguasai pasar sepedamotor off-road.

Jenis dan Tipe HARLEY DAVIDSON

yuks, kita intip jenis dan tipe Harley Davidson :

1. TOURING

Kadang-kadang disebut sebagai "Baggers", Harley Touring dari bentuk memang di disain siapuntuk sebuah perjalanan jauh. Jika kita sedang merencanakan untuk mengambil model ini untuk perjalanan jauh maka jenis ini memang cocok. Ketika memilih motor touring, berat atau beban adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Model touring ajkan tetap membuat anda nyaman walau selama berjam-jam lamanya diatas jok motor akan tetapi bisa memiliki berat sekitar 400 kg apabila semua terpasang lengkap.

2. CRUISERS

Harley Fat Boy, Heritage dan lebih awalnya model Nostalgia akan masuk dalam kategori ini. Motor ini hampir mirip dengan Harley jenis Touring, sehubungan dengan gaya big FL mereka pada bagian depan meskipun mereka lebih dikelompokkan sebagai softails. Meski tidak seberat Harley model touring, motor ini masih tergolong berat dan tidak dianjurkan untuk pengendara pemula.

3. SOFTAILS

Motor ini jenis Harley Davidson yang memiliki bentuk cukup unik dan terutama adalah karena bentuknya terlihat kaku seperti sebuah motor pegunungan. Softails menyertakan shockbreaker yang tersembunyi pada bagian belakang untuk memberikan kenyamanan si pengendara.

4. DYNA



Juga dikenal sebagai 'rubber mount' model Dyna mempunyai dua buah shockbreaker pada bagian belakang, perbedaan dengan yang lain Dyna juga mempunyai sebuah karet di bagian mesin yang berguna untuk mengurangi getaran pada mesin. Beberapa mempertimbangkan Dyna sebagaimotor untuk jalan harian.

5. SPORTSTER



Harley Davidson model sport yang telah lama dikenal adalah jenis Sportster atau 'XL'. Motor ini mempunyai sebuah mesin dan desain rangka lebih kecil. motor paling ringan yang ditawarkan oleh perusahaan Harley Davidson. Sportsters adalah satu-satunya Harley yang ditawarkan dalam dua varian mesin 883 dan 1200.

6. V-rod

Model baru Harley adalah v-rod. Sangat berbeda dibandingkan model lain karena menggabungkankonsep power dan style dari motor sport. Mesinnya juga adalah suatu keberangkatan baru dari tradisi sebelumnya dengan adanya water cooled.

7. BUELL

Sementara yang satu ini memang tidak persis seperti Harley, motor sport ini buatan Amerika dan dimiliki atau dijual melalui Harley Davidson. Model ini memang sangat benar-benar jelas terlihat kesan sport, didukung oleh sebuah mesin v-twin. Tentunya sangat luar biasa apabila mengendarai motor ini untuk sehari-hari atau melintasi jalan yang berliku-liku.

No comments:

Post a Comment