Ukuran Lapangan Futsal

No Comments
Futsal adalah olahraga yang diadopsi dari sepakbola. Futsal sering disebut sebagai sepak bola mini atau sepakbola indoor. Tata cara bermainnya pun hampir sama, hanya saja ada beberapa peraturan yang berbeda.

Sebagai olahraga indoor, tentu saja ukuran lapangan futsal berbeda dengan ukuran lapangan sepakbola outdoor. Ukuran lapangan futsal tidak lebih dari sepertiga luas lapangan sepakbola outdoor.

Berikut adalah ukuran lapangan futsal secara rinci.

A. Bentuk

Lapangan futsal berbentuk persegi panjang. Perbandingan panjang dan lebar sama dengan dua banding satu (p X l = 2:1), atau lebih sedikit. Sebagai contoh, panjang lapangan futsal tersebut adalah 30 meter. Maka, lebarnya harus 15 meter atau tidak lebih dari 20 meter.

B. Panjang

Panjang lapangan futsal antara 25 meter (minimal) sampai 45 meter (maksimal).

C. Lebar

Lebar lapangan futsal antara 15 meter (minimal) sampai 25 meter (maksimal).

D. Ukuran Gawang

Gawang dalam permainan futsal berbentuk persegi panjang dengan perbandingan 3:2. Panjangnya 2-3 meter sedangkan tingginya 1,5 meter.

E. Garis Lingkaran Tengah

Garis tengah lapangan futsal berdiameter 3 meter. Garis lingkaran tersebut berada tepat di tengah lapangan. Di tengah lingkaran tersebut terdapat titik di mana biasanya pemain memulai kick off.

F. Garis Lingkaran Area Penalti

Berbeda dengan lapangan sepak bola yang garis area penaltinya (garis wilayah penjaga gawang) berbentuk persegi panjang, dalam lapangan futsal berbentuk setengah lingkaran, dengan jari-jari 6 meter.

G. Titik Penalti

Jika dalam lapangan sepakbola titik tendangan penaltinya hanya satu titik saja dan berada dalam kotak area penalti, dalam futsal titik penaltinya ada dua, yaitu titik penalti dalam dan titik penalti luar.

  • Titik penalti luar
    Titik penalti luar berada di luar area/kotak penalti, yaitu di tengah-tengah antara garis gawang (batas bola sah dianggap gol) dengan garis tengah lapangan.

  • Titik penalti dalam
    Titik penalti dalam terletak di ujung garis lingkaran area penalti.
Selain hal-hal tersebut di atas, masih ada beberapa unsur lagi yang ada di lapangan futsal, namun tidak harus ada keberadaannya. Hal-hal tersebut adalah zona official, zona pemain cadangan, dan zona penggantian pemain.

Lapangan futsal biasanya dikelilingi olah jaring-jaring pengaman yang mengelilingi seluruh garis-garis tepi lapangan. Jarak antara jaring pengaman dan garis tepi lapangan antara setengah sampai satu meter, tetapi idealnya satu meter.

Tak hanya di teri-tepi lapangan saja, tetapi di atas lapangan juga diberi jaring pengaman, tingginya kira-kira 3-4 meter. Jaring pengaman ini berfungsi sebagai pencegah laju bola yang terlalu kencang.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment