Spiderman, Pahlawan Super yang Rendah Hati

No Comments
Salah satu pahlawan super yang paling terkenal adalah Spiderman, si manusia laba-laba. Karakter ini diciptakan oleh seorang penulis sekaligus editor, Stan Lee, dan penulis sekaligus seniman, Steve Ditko untuk produsen komik Marvel. Lee sengaja menciptakan tokoh ini untuk mengimbangi tokoh Superman yang diciptakan oleh produsen komik DC Comics dan sangat populer saat itu. Ternyata tokoh karangan Lee ini bukan hanya bisa mengimbangi, tetapi juga bisa menyaingi kepopuleran Superman. Spiderman bisa lebih diterima masyarakat karena latar belakangnya yang "mewakili" kondisi kebanyakan pemuda terutama di Amerika Serikat.

Tokoh ini pertama kali dimunculkan dalam Amazing Fantasy edisi ke 15 pada Agustus 1962. Spiderman merupakan alter ego dari seorang anak muda bernama Peter Parker yang dibesarkan oleh Bibi May dan Paman Ben.

Stan Lee mengatakan bahwa gagasan mengenai tokoh ini muncul dari tingginya minat para remaja pada komik dan hasrat untuk menghasilkan karakter yang bisa diterima kaum muda. Dalam berbagai wawancara, Lee mengaku terinspirasi oleh seekor laba-laba yang sedang memanjat dinding ketika memikirkan tokoh ini.

Imajinasi Lee kemudian diterjemahkan oleh Ditko yang mengembangkan tokoh ini secara visual. Hal pertama yang dikerjakan oleh Ditko adalah menciptakan kostumnya yang unik, mengagumkan, dan sangat khas. Spiderman tampil sebagai pahlawan berpakaian ketat biru dan merah dengan motif laba-laba, mengenakan topeng, dan tidak beralas kaki.

Motto

Lee dan Ditko menciptakan karakter ini dengan berbagai kemampuan super. Ia bisa berayun di ketinggian menggunakan jaring laba-laba yang keluar dari tangannya, memanjat dinding, memiliki indra keenam yang tajam, keseimbangan sempurna, dan sebagainya. Selain itu, dia juga sangat kuat.

Spiderman mempunyai motto dalam menjalankan "tugas" sebagai pahlawan super, yaitu "with great power there must also come great responsibility", artinya "dengan kekuatan besar, terdapat kewajiban yang besar pula". Dalam dunia komik, Spiderman sering juga disebut "Spidey", "pengayun jaring", "pemanjat dinding", atau "kepala jaring".

Karakter

Dari masa ke masa, karakter Peter Parker mengalami perubahan demi perubahan. Perubahan karakter ini juga menciptakan perubahan cerita dari Spidey itu sendiri. Beberapa karakter Peter Parker diantaranya adalah dari pelajar sekolah menengah yang pendiam namun ramah, mahasiswa yang brilian, guru sekolah, hingga akhirnya pada tahun 2000-an, Peter Parker digambarkan sebagai seorang fotografer dalam film layar lebar. Ia mempunyai seorang wanita idaman yang cantik, yaitu Mary Jane Watson. Walaupun mempunyai banyak perubahan karakter, tetapi latar belakang dari karakter Peter Parker sendiri mempunyai banyak kesamaan yaitu pemuda pendiam yang terpinggirkan dan tidak banyak dikenal oleh orang di sekelilingnya. Atau dengan kata lain, Peter Parker adalah sosok pemuda lugu.

Saking lugunya, Peter Parker tidak berani mengungkapkan rasa cintanya kepada seorang gadis tetangganya sendiri yaitu Mary Jane. Tetapi setelah mempunyai kekuatan laba-laba tersebut, Peter Parker perlahan-lahan berubah menjadi sosok yang penuh tanggung jawab dan bisa mengayomi siapa saja.

Asal Usul Spiderman

Karena tergigit oleh seekor laba-laba beracun, Peter Parker akhirnya mempunyai kekuatan laba-laba. Dia bisa memanjat dinding seperti seekor laba-laba, atau juga mengeluarkan jaring layaknya seekor laba-laba. Insting Peter Parker juga menjadi sekuat laba-laba.

Dengan kekuatannya itu, Peter Parker kemudian membuat sebuah kostum yang berwarna merah di bagian atasnya dan biru di bagian bawah. Dengan kostumnya itu, Peter Parker berubah menjadi sosok super hero yang dikenal dengan nama Spidey.

Musuh Spiderman

Layaknya super hero yang lain, Spidey juga mempunyai banyak sekali musuh yang merupakan tokoh jahat. Diantara musuh-musuh Spidey yang terkenal adalah :
  • Green Goblin yang mempunyai kekuatan berupa peralatan modern dan bisa terbang menggunakan skateboard terbang. Musuh ini muncul dalam film Spidey pada sekitar tahun 2000-an.
  • Sandman yang bisa mengubah tubuhnya menjadi apa saja karena tubuh Sandman ini terbuat dari pasir. Awal mula dari Sandman karena terkena radiasi dari sebuah ujicoba.
  • Venom yaitu parasit yang datang dari luar angkasa dan menyerap hawa kekuatan Spidey sehingga bisa berubah bentuk menjadi sosok manusia laba-laba berwarna hitam.
  • Rhino adalah salah satu musuh yang mempunyai kekuatan badak. Dengan kekuatannya itu, Rhino bisa menghancurkan sebuah kota.
  • Carnage yang merupakan anak dari Venom tetapi mempunyai kekuatan lebih besar dan lebih jahat daripada ayahnya.
  • Hydromen yang mempunyai kekuatan air dan tubuhnya terbuat dari air.
  • The Lizard yang merupakan manusia kadal, dan masih banyak lagi tokoh jahat lain yang menjadi musuh Spidey.
Tentu saja adanya tokoh-tokoh jahat ini akan semakin memperkuat karakter super hero dari Spiderman.

Pahlawan Idola Remaja

Karena latar belakang Spidey yang berasal dari keluarga biasa dan cenderung mewakili remaja kebanyakan, tokoh Spiderman ini banyak diidolakan oleh remaja. Berbeda dengan tokoh Superhero yang lain yang biasanya berasal dari luar angkasa ataupun dari golongan ilmuwan ataupun orang kaya.

Keluguan tokoh Peter Parker juga menjadi daya tarik tersendiri dari karakter Spidey. Selain itu kisah cinta Peter Parker dengan Mary Jane ternyata juga bisa mewakili apa yang dirasakan oleh para remaja. Karena itu Spidey menjadi tokoh super hero yang mempunyai banyak sekali penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Karena sudah hadir sejak lama, maka Spidey juga sudah muncul dalam berbagai versi. Mulai dari versi komik, versi serial kartun televisi, hingga versi film layar lebar. Masing-masing versi menyajikan kemasan yang berbeda antara satu dengan yang lain tetapi masih dalam bingkai cerita awal Spidey.

Hal ini menyebabkan seringkali terjadinya protes dari para penggemar Spiderman. Ada yang menjadi penggemar Spiderman versi komik yang protes terhadap Spidey versi serial kartun televisi yang ceritanya berbeda dengan serial komik. Atau juga penggemar serial kartun televisi Spiderman yang protes terhadap cerita Spidey versi film layar lebar.

Tetapi walaupun seringkali terjadi protes dari para penggemar untuk masing-masing versi, daya pikat Spiderman tetap menjadi salah satu daya tarik yang membuat para penggemar Spiderman tetap setia kepada idolanya tersebut.

Film

Sebagai salah satu pahlawan super buatan Marvel yang paling populer dan komersial, Spiderman telah ditampilkan dalam beragam bentuk media, termasuk acara kartun animasi di televisi, kartun untuk surat kabar, hingga tiga buah film layar lebar yang dibintangi Tobey Maguire, yaitu Spider-Man (2002), Spider-Man 2 (2004), dan Spider-Man 3 (2007). Spider-Man 4 telah dijadwalkan untuk rilis pada Mei 2011 yang akan datang. Sony mengumumkan bahwa film keempat akan mengalami banyak perubahan, termasuk dalam hal sutradara dan pemerannya. Versi yang diubah akan diluncurkan pada musim panas 2012. Aktor Andrew Garfield dikabarkan menggeser posisi Tobet Maguire.

Ada pula sebuah pertunjukan musikal produksi Broadway tentang pahlawan super baik hati ini, yang berjudul Spider-Man: Turn off the Dark yang dijadwalkan untuk dimulai pada Novermber 2010 di Foxwoods Theatre.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment