Mengapa t-shirt atau istilah Indonesianya adalah kaos oblong begitu digemari oleh banyak orang, karena terbuat dari bahan kaos yang terbuat dari katun yang nyaman dipakai. Apalagi Indonesia yang beriklim tropis tiap hari hawanya panas, sehingga menjadikan kaos oblong sangat pas menjadi pakaian sehari-hari. T-shirt design pun pada akhirnya menjadi hal yang juga diperhatikan.
T-shirt merupakan bagian penting dari industrial fashion, bahkan T-shirt design dijadikan sebagai barometer trendsetter mode. Mahal tidaknya harga t-shirt ditentukan dari T-shirt design nya. Konsumen pun ketika memutuskan membeli sebuah tshirt melihat T-shirt design nya dahulu.
T-shirt walaupun hanya baju non formal, tapi bagi kalangan desainer merupakan objek yang bisa dieksplorasi menjadi desain baru yang menarik. T-shirt design dilihat dari bingkai bisnis, adalah produk dagang yang bisa dijual dan menjanjikan keuntungan. Terlepas dari pandangan-pandangan tersebut di atas, T-shirt dengan aneka desainnya itu menjadi ikon fashion dunia yang fenomenal.
Tak heran produsen baju khususnya street fashion membangun departemen T-shirt design, yang bertugas mengembangkan dan merancang desain gambar untuk T-shirt produksinya. Orang-orang yang bergerak dalam departemen T-shirt design memiliki latar belakang desainer grafis yang memiliki minat terhadap fashion.
T-shirt Design - Sejarah T-shirt
T-shirt design wujud pemberontakan T-shirt ditemukan pada dekade 30-an. T-shirt merupakan kepanjangan dari training shirt, artinya baju latihan, mulanya baju itu dipakai oleh tentara untuk berolahraga dan latihan kebugaran fisik. Agar tak mengganggu gerakan tubuh para tentara dan rasanya lebih leluasa maka mereka menanggalkan baju seragam dinas lapangan dan gantinya kaos atau shirt untuk latihan/ training.Waktu itu T-shirt dipakai sebagai pakaian dalam, kelebihan T-shirt dirasa pada kulit lebih nyaman dan menghangatkan badan ketika musim dingin. Di masa itu T-shirt masih belum tersentuh T-shirt design, alias masih polos dengan desain yang sederhana.
Pada tahun30 40 an, orang memaki kaos oblong, dianggap tabu, dan melanggar norma kesusilaan dalam berpakaian. Waktu itu desain baju masih konservatif dan kaku, dengan warna baju yang terkesan matang, seperti coklat, abu-abu dan hitam. Pemberontakan fashion diawali dengan T-shirt (tanpa T-shirt design), perintisnya adalah James Dean, dialah yang mengenakan T-shirt yang berani menentang norma fashion zaman dahulu.
T-shirt design pun mulai diperkenalkan, awalnya T-shirt design berupa kata-kata pemberontakan dan gambar sederhana dengan satu warna saja. Proses pembuatan T-shirt design pun masih mengandalkan teknik manual yakni digambar dahulu dengan coretan tangan. Setelah pola T-shirt design jadi, kemudian dituangkan pada master kertas untuk disablon dengan menggunakan cat kayu pada waktu itu.
Sama sekali takada satu pun orang yang mencoba merintis T-shirt design, mengingat fungsi T-shirt pada masa itu hanya sebagai pakaian dalam saja. Sampai sekarang pun T-shirt masih dijadikan media ekspresi untuk bergaya dan mencerminkan pemberontakan semangat muda.
Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi garmen, T-shirt sudah menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan. Apalagi sekarang ditunjang dengan T-shirt design yang atraktif.
T-shirt Design - Akrab dengan Anak Muda
T-shirt design dan seni T- shirt design merupakan produk seni terapan yang menjadi bagian dari citra fashion modern. Penggemar T-shirt design lebih banyak ditujukan kepada market anak muda. T-shirt design memancarkan vibrasi yang kuat hingga lintas negara, apapun style yang dihasilkan dari jagad T-shirt design memengaruhi trend fashion, akan diapresiasikan oleh pasar sebagai produk fashion baru.Konsep T-shirt design itu seperti roda yang berputar, konsep-konsep T-shirt design jadul bisa didaur ulang dengan sentuhan mode yang kekinian. Hal demikian sudah lumrah dilakukan oleh rumah mode di mana pun. Mendaur ulang T-shirt design menjadi konsep baru, istilahnya retro, semata-mata untuk menawarkan desain baru kepada pasar.
Unsur unsur dalam Membuat Konsep T-shirt Design
Ada banyak pertimbangan dalam mendesain baju / T-shirt, salah satunya adalah target konsumen yang akan disasar. Konsumen T-shirt itu sangat beragam, golongan muda, balita, anak-anak dan konsumen dari berbagai kultur yang ada di dunia. Elemen-elemen yang menjadi literature T-shirt design sangat memengaruhi desain T-shirt.Setiap desain memiliki makna dan memberikan sensasi tersendiri bagi pemakai. Ambil contoh konsumen setia Levis akan merasa bangga ketika dia memakai T-shirt design khas Levis. Ketika dia mengenakan T-shirt merk Levis. Konsumen merasa bahwa dia bagian dari komunitas Levis yang menjadi legenda denim kelas dunia.
T-shirt designer yang professional harus mengerti betul karakter konsumennya. Karena salah satu kunci meningkatkan brand adalah ada pada T-shirt design. Berikut ini merupakan penjelasan tentang elemen yang dijadikan literature T-shirt design:
T-shirt Design dan Elemen - Tren
Salah satu unsur dalam mendesain kaos oblong harus mengacu pada tren. Jika perlu sang disainer lah yang dituntut menjadi trend setter pasar fashion. ni yang menjadi target pencapai T-shirt design departemen di mana saja.Seberapa kuatnya pengaruh T-shirt design karyanya mampu mengendalikan konsumen agar mengikuti tren yang dia buat. Bagi desainer fashion yang berorientasi pasar kelas atas, sangat menghindari mengikuti tren yang sudah ada atau follower. Semangat pencapaian itu yang bisa ditiru oleh Anda yang tertarik menjadi T-shirt designer. Tentunya semua itu perlu proses yang panjang dan belajar dari pengalaman desainer T-shirt lain yang lebih berpengalaman.
T-shirt Design dan Elemen - Target Konsumen
Target konsumen merupakan salah satu pertimbangan dalam T-shirt design. Selera konsumen itu sangat beragam. Agar desain yang Anda tak sekadar spekulasi saja, sebaiknya sebelum proses mendesain T-shirt, Anda harus mengerti desain yang Anda buat ditujukan kepada siapa.Kalau kalangan anak muda, harus mengikuti trend yang lagi disenangi. Agar tak terkesan fashion follower sebaiknya Anda memberikan sentuhan yang menandakan ciri khas pada T-shirt design Anda. Ciri khas fashion berfungsi membedakan produk desain Anda dengan desain pesaing.
T-shirt dan Elemen - Budaya
Budaya merupakan pertimbangan dalam mendesain t-shirt, setiap negara memiliki budaya dan kebiasaan berbeda, T-shirt design harus mengikuti norma dan estetika fashion yang berlaku. Misalnya kita tak sembarangan mendesain t-shirt dengan gambar dan kata-kata yang menjurus pornografi, karena berpotensi melanggar norma asusila di Indonesia, dan negara Arab.Mestinya T-shirt design harus bisa menjadi semacam tanda identitas dari mana dia berasal. Desain yang menggambarkan identitas pemakai, diambil dari ikon kulturnya. Misalnya pada t-shirtnya bergambar bunga raflesia arnoldy yang menandakan bahwa dia dari Bengkulu dan lain sebagainya.
T-shirt dan Elemen - Komunitas
Komunitas atau kumpulan orang dengan minat yang sama biasanya ingin diakui oleh masyarakat luas, minimal dikenal. T-shirt design bisa dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan komunitasnya kepada masyarakat umum.T-shirt design harus bisa menerjemahkan karakter dan passion komunitas kedalam desain. Karakter itu bisa terjemahkan melalui kompisisi warna, tipografi font, gambar, dan tulisan. Contoh yang nyata adalah T-shirt design dari komunitas penggemar Harley Davidson, komunitas motor HD ini bisa dikenali melalui atributnya yakni T-shirt.
Setiap anggota komunitas HD pasti memiliki lebih dari lima T-shirt dengan bermacam desain yang bergambar HD. T-shirt dijadikan seragam yang tak formal penunggang kuda besi. Jadi T-shirt ini bisa mewakili identitas sebuah komunitas. Begitupun dengan T-shirt design pada komunitas yang lain.
***
Cara Baru Mengembangkan Usaha T shirt Design
Masih ingat di memori kita betapa fenomenalnya perusahaan T shirt design seperti C-59 di Bandung, disusul pula dengan perusahaan T-shirt design Dagadu-Yogyakarta dan Joger-Bali. Perusahaan-perusahaan itu tidaklah berbeda dengan perusahaan konveksi kaos lainnya. Namun, bagaimana bisa mereka menjual kaos-kaos mereka dengan harga yang sangat tinggi, sehingga mendatangkan keuntungan yang sangat besar?Ada banyak trik untuk mencapai keberhasilan dalam dunia usaha, termasuk usaha T shirt design yang bisa mendatangkan untung sangat besar. Banyak pula teori yang bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan sebuah usaha.
Namun, trik dari pelaku bisnis langsung adalah pelajaran yang luar biasa tidak ternilai harganya. Untuk mendapatkan trik dari pelaku bisnis langsung, sebetulnya sangat mudah. Melakukan observasi yang mendalam adalah salah satu yang bisa dilakukan. Misalnya, keberadaan dan kesuksesan perusahaan Dagadu-Yogya dan Joger-Bali, bisa jadi terinspirasi dari perilaku C-59 Bandung.
Langkah Strategis Sebelum Memulai Usaha T shirt Design
Dalam sebuah seminar berantai yang diselenggarakan oleh Majalah Femina dengan Bank Mandiri baru-baru ini, telah banyak dikupas tentang kunci-kunci kesuksesan yang telah dijalani para pelaku bisnis hebat di Indonesia.Menurut para pelaku bisnis hebat itu, untuk membangun sebuah usaha baru, ada langkah-langkah strategis yang harus dilakukan sebelum usaha itu terbentuk. Langkahnya sangat mudah dan ringan, yaitu sebagai berikut.
1. T shirt Design - Memastikan produk atau jasa yang dijual bermanfaat
Pastikan produk atau jasa yang akan dijual itu bisa bermanfaat untuk orang banyak. Dalam hal ini, untuk usaha t shirt design sudah bisa dikatakan termasuk di dalamnya. Dengan menggunakan t shirt design buatan kita, kebutuhan masyarakat untuk memakai baju santai telah terpenuhi, bahkan bisa berbangga karena baju yang mereka pakai merupakan haril kreativitas.2. T shirt Design- Menentukan tujuan utama perusahaan
Buatlah tujuan utama perusahaan. Misalnya, memproduksi T shirt design orisinal Indonesia yang kreatif, sehingga semua lapisan masyarakat mau membelinya dengan penuh perasaan bangga.3. T shirt Design- Menentukan target perusahaan
Buatlah target perusahaan pada jangka waktu 5 tahun atau 10 tahun ke depan. Misalnya, membuat target bahwa produk T shirt design ini nanti akan terjual sampai di pelosok nusantara dengan mengembangkan banyak counter.Nah, sebuah kerangka awal perusahaan sudah dibuat. Bisa saja kerangka awal ini dibuat di sebuah sobekan kertas, tidak masalah. Bahkan kalau perlu, simpan dan dilaminating agar tidak rusak dan bisa menyertai langkah-langkah kita selanjutnya.
4. T shirt Design- Mencoba sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
Cobalah pelajari segala hal yang berhubungan dengan T shirt design. Kalau perlu, datangi counter pusat yang menjual T shirt bermerek terkenal dan laku di pasaran seperti C-59, Dagadu, Joger, dan lain-lain. Lakukan pengamatan secara mendetail, dari jam buka sampai jam tutup mereka. Catat semua aktivitasnya. Ini adalah sebuah langkah awal membuat perusahaan yang akan meraih sukses, yaitu langkah "Amati!".Setelah proses "amati" dilakukan dengan baik, selanjutnya adalah menjalankan proses "tiru". Perusahaan T shirt design sebenarnya sudah siap dijalankan pada tahap ini. Tapi tunggu, sebaiknya tidak tergesa-gesa terlebih dahulu karena ada sebuah langkah penting lagi yang harus dilakukan, yaitu "modifikasi". Kalau cuma meniru saja, semua orang bisa. Tapi bagaimana agar perusahaan kita ini akan mudah dikenal orang? Ya, satu-satunya jalan adalah dengan memodifikasinya dengan baik.
Modifikasi Usaha T shirt Design
Modifikasi yang baik itu bisa berupa hal-hal seperti berikut.1. Modifikasi Usaha T shirt Design - Unik
Ternyata, perusahaan T shirt design yang sudah ada itu memang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Itulah kenapa mereka bisa besar. C-59 memiliki keunikan kualitas design gambar baju yang terbuat dari sablon karet penuh warna cerah. Kualitas sablon karet inilah yang menjadi kekuatan bisnis C-59.Berbeda dengan Dagadu yang lebih banyak bermain dengan kata-kata dan gambar lucunya. Soal kualitas bahan kaos dan sablon mungkin masih di bawah C-59. Namun, gudang kata-kata yang diproduksi oleh tim kreatif Dagadu menjadikan T-shirt ini laku keras walaupun dijual dengan harga tinggi.
Lalu bagaimana dengan Joger? Nyaris tidak ada yang unik pada kaos produksi Joger. Hanya sebuah tulisan Joger berukuran kecil di dada saja yang menjadi ciri khasnya. Lalu, apa yang membuat Joger begitu banyak dicari oleh orang-orang yang berkunjung ke pulau Bali?
Selain mengandalkan ramainya industri pariwisata di Bali, ternyata Joger memiliki ciri khas yang sulit dilupakan oleh pengunjungnya, yaitu harganya yang sangat mahal. Kalau dipikir-pikir, memang benar juga. Wisatawan yang datang ke Bali, hampir bisa dipastikan adalah mereka yang memiliki banyak uang.
Secara geografis, Bali terletak di wilayah yang terlalu sulit untuk dijangkau. Namun, keindahan laut dan karakter budayanya yang sangat unik, telah mengundang masyarakat dunia untuk datang ke sana. Bagi orang Jawa (pengunjung utama Pulau Bali dari Indonesia), pulang dari Bali tanpa membawa oleh-oleh kaos Joger, berarti termasuk tidak memiliki banyak uang. Ya, memang begitulah kenyataannya. Joger telah memanfaatkan gengsi para wisatawan yang berkunjung ke Bali.
2. Modifikasi Usaha T shirt Design - Inovasi
Sesuatu yang baru selalu dinanti-nanti oleh masyarakat, termasuk dalam usaha T shirt design yang akan kita buat. Inovasi baru itu bisa berupa tampilan counter, kreasi kata-kata, design sablon, model kaos, cara pembelian, dan sebagainya.Di USA, ada sebuah klinik dokter gigi yang benar-benar inovatif. Klinik itu didesain tidak ubahnya seperti hutan belantara. Anak-anak yang datang untuk memeriksakan gigi biasanya sudah takut mendengar kata-kata dokter gigi. Namun ketika memasuki klinik yang satu ini, anak-anak akan tercengang.
Untuk bisa bertemu sang dokter, dia harus masuk ke semak-semak, memanjat pohon, turun pohon, masuk ke gua, keluar gua, baru bertemu dengan seekor badut kelinci yang berlari-lari mengejarnya. Badut itu pun menunjukkan alat-alat kedokteran yang semua sudah dimodfikasi menyerupai potongan-potongan batang pohon di hutan.
Dia mengajak si anak untuk bermain menaikkan dan menurunkan kursi pasien. Anak pun terkagum dan menjadi senang. Proses pemeriksaan pun dilakukan tanpa ada ketakutan lagi pada si anak. Setelah selesai diperiksa giginya, giliran orang tua yang membayar tagihan dokter itu yang ternyata tidak murah, yaitu 80 USD atau sekitar Rp 700.000,-.
Jangan heran dulu, ya! Karena untuk bisa periksa di klinik itu, ternyata harus antre tiket terlebih dahulu ke perawat asisten dokter. Hal tersebut karena terlalu banyak anak-anak yang ingin memeriksakan giginya di sana. Inovasi semacam inilah yang harus bisa diterapkan pada usaha T shirt design yang akan kita bangun.
3. Modifikasi Usaha T shirt Design - Servis
Masyarakat Indonesia memiliki karakter sangat senang jika dihormati. Salah satu bentuk penghormatan itu adalah dengan memberi pelayanan terbaik. Coba bayangkan, biji kopi kering, diolah dan dikemas dalam bentuk saset kecil-kecil sehingga masyarakat bisa manikmati kopi cukup dengan sekali robek. Kemudian, dimasukkan dalam cangkir, lalu tuangkan air panas, diseduh, dan jadilah kopi hangat yang nikmat.Ini adalah bentuk servis dari produsen kopi kepada masyarakat. Ingin tahu perbandingan harga kopi itu? Biji kopi dalam bentuk utuh kering harganya adalah Rp 30.000,-/1000 gram, sedangkan kopi instan dalam saset memiliki harga Rp 1000,-/5 gram.
Nah, jika kopi instan itu dihitung dalam jumlah 1000 gram, berarti nilai pendapatan kotor yang didapat adalah (1000 gr : 5 gr) x Rp 1000 = Rp 200.000,-. Fantastis bukan? Atas dasar pelayanan kepada konsumen, kopi seharga Rp 30.000,- bisa didongkrak harganya menjadi Rp 200.000,-.
Kira-kira, usaha T shirt design yang akan kita buka bisa seperti ini atau tidak, ya? Biaya produksi sebesar Rp 40.000,- dijual dengan harga Rp 120.000,-
Kunci Keberhasilan Usaha T shirt Design
Dari tiga cara modifikasi di atas, bila diterapkan pada budang usaha T shirt design bisa saja kita akan menuai kesuksesan yang sangat besar. Misalnya, kita buat usaha T shirt design, tentukan terlebih dahulu tempatnya.1. Lokasi produksi T shirt design
Karena biaya produksi sangat berpengaruh terhadap pendapatan, lokasi produksi utama usaha t shirt design pun harus dipertimbangkan dengan baik. Terutama menyangkut harga bahan baku produksi dan ongkos tenaga kerja. Nah, selama ini, biaya produksi usaha T shirt design yang paling murah adalah di daerah Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, dan Pekalongan. Daerah itu memang merupakan pusat industri konveksi terbesar di Indonesia.2. Lokasi counter utama T shirt design
Tidak ada salahnya kita meniru usaha orang lain. Kalau begitu, tidak ada salahnya juga jika kita membuka usaha T shirt design di tempat yang paling banyak dikunjungi pelancong. Di mana lagi kalau bukan Kuta, Yogyakarta, dan Bandung. Namun, meniru itu tidak boleh sama persis. Kita harus melakukan modifikasi. Misalnya, dengan membuat counter di semua kota atau provinsi termasuk Makassar, Surabaya, Jakarta, Medan, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Menado, Ternate, Sorong, dan sebaganya.3. Keunikan lokasi usaha T shirt design
Sentuhan keunikan itu bisa dalam bentuk apa pun. Misalnya counter T shirt design yang khas, unik, da mengundang orang untuk datang dan melihat-lihat. Materi dan nilai seni sablon, kualitas produk yang lebih bagus, dan sebagainya juga menunjang nilai keunikan T-shirt. Bahkan, kita busa membuat design kaos unik yang kira-kira tidak bisa ditiru orang lain.4. Pelayanan dalam usaha T shirt design
Standar Operasional Perusahaan (SOP) tentang pelayanan usaha T shirt design harus dbuat dengan jelas. Training terhadap karyawan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Mulai dari penyambutan pengunjung, cara melayani pembayaran, membawakan barang ke bagasi mobil, keamanan pengunjung, menerima telepon, dan sebagainya.Semakin dimanja, akan semakin terikat memori konsumen dengan usaha T shirt design kita. Mereka akan kembali lagi untuk membeli produk T shirt design kita yang lain.
5. Kreativitas dalam mengolah usaha T shirt design
Inilah salah satu kunci usaha yang tidak boleh ditinggalkan. Jangan hanya kreatif dalam menekan biaya produksi atau kreatif untuk bersaing harga. Namun kreatiflah untuk bisa memberikan hal-hal baru dalam usaha T shirt design.Misalnya, setiap pengunjung yang datang disambut dengan tabuhan gong berukuran besar atau setiap pengunjung yang berbelanja di atas Rp 1.000.000,- diberi sebuah kejutan. Bisa juga dengan memberikan kejutan ulang tahun untuk pelanggan yang datang ketika berulang tahun. Masih banyak kreativitas lain yang harus terus digali agar pelanggan usaha T shirt design kita terus terikat hatinya dan menceritakan kepada orang lain.
ingin kaos polos berkualitas? kami ada grosir kaos polos 100% bahan katun berkualitas dengan harga terjangkau :)
ReplyDelete