Distro Bandung Trend Wisata Baru di Kota Kembang

No Comments
Fenomena maraknya distro Bandung dan Factory Outlet (FO) di Kota Kembang, Bandung, menunjukan laju perokonomian Bandung meningkat pesat. Bandung menyimpan pesona alam begitu indah dengan hawanya yang dingin dan banyak sekali tempat wisata yang menarik. Hadirnya distro Bandung menambah daya tarik bagi wisatawan asing. Objek wisata Bandung tergolong lengkap dari wisata alamnya, wisata kuliner, dan wisata fashion.

trend fashion distro bandung

Distro Bandung - Asal Mula Distro Bandung yang Menjadi Trend

Bandung menyimpan potensi yang luar biasa di sektor industri kreativitas terutama fashion. Distro Bandung mampu menggerakan roda produksi pada sentra industri garmen di Bandung dan sekitarnya. Ada baiknya mari kita runut sebentar bagaimana sejarah distro Bandung bermula hingga menjadi sebuah trend setter di kalangan dunia fashion di Indonesia seperti sekarang ini. Kata distro Bandung sebenarnya berasal distribution store, toko yang menjual produk secara konsinyasi atau numpang nitip display dari produsen dengan harga yang sudah disepakati.

Distro Bandung mulai tumbuh pada dekade 1990, sejumlah anak ingin mandiri mencari penghasilan sendiri. Mereka lantas mendesain t-shirt bergambar grup-grup musik ternama pada masa itu. Pemasaran model distro bermula dari sebuah komunitas seperti grup musik, desainer, dan lain sebagainya. Mereka tak ingin dalam kreativitasnya didikte atau diatur oleh pemodal besar. Karya-karya mereka sangat eksklusif seperti t-shirt grup musik, kemeja, Compact Disc, dan lain sebagainya.

Guna menyiasati keterbatasan modal dan memotong jalur distribusi maka diproduksi secara terbatas dan model pemasarannya dititipkan kepada teman satu komunitas. Berlahan-lahan cara marketing ala clandestain ini menjadi sebuah pilihan alternatif dan lebih disukai oleh pengusaha muda karena lebih simple, hanya bermodal kepercayaan antara pemilik distro dan produsen garmen, mereka bisa meraup laba yang tak sedikit. Anak muda sebagai target pasar pun mulai melirik distro Bandung sebagai alternatif belanja.

Kelebihan Distro Bandung

Kenapa distro Bandung begitu digemari konsumen muda? Berikut ini kelebihan distro Bandung hingga disukai oleh anak-anak muda:
  • Desain eksklusif Distro Bandung bisa menjadi besar seperti sekarang ini, mereka para pemilik distro sebagian besar membentuk tim kreatif, yang mana tim ini selalu menciptakan desain-desain baru setiap bulannya.
  • Desain-desain baju, t-shirt maupun celana distro Bandung diproduksi secara terbatas. Baju distro Bandung sengaja diproduksi terbatas adalah untuk menjaga brand image, menghindari penjiplakan dari pesaing dan menjaga kualitas produk. Walaupun baju distro Bandung diproduksi secara terbatas tak berarti dibanderol dengan harga mahal. Produk yang dijual di distro Bandung tetap murah karena target pasarnya anak muda yang notabene belum punya penghasilan.
  • Rata-rata distro Bandung memproduksi sendiri baju-baju yang dijual, kemudian pasokan bahan mentah tersedia banyak bisa menekan harga produksi, akhirnya harga jual ditingkat konsumen pun bisa dipangkas. Ditambah persaingan antardistro di Bandung begitu sengit, jadi distro Bandung tak berani mematok harga tinggi kalau tak ingin ditinggal konsumen.
Fakta ini membuat baju-baju yang diproduksi distro Bandung terkenal murahnya.

Update Trend Mode

Satu lagi kelebihan distro bandung, kalau anda ingin selalu update fashion saat ini, datanglah ke distro Bandung atau FO, di sana Anda akan langsung mendapatkan baju-baju yang sedang ng-trend saat ini. Distro Bandung termasuk trend setter di Indonesia, apapun desain yang diluncurkan dari distro Bandung pastilah menjadi issue hangat di kalangan pecinta mode.

Setiap distro Bandung memiliki karakter berbeda dan memiliki pelanggan loyal. Sebulan sekali distro Bandung menciptakan trend-trend yang sesuai dengan karakter brand image distro tersebut. Bahkan vibrasi trend fashion dari Bandung sampai diburu konsumen dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Clothing Expo & Sale Season

Salah satu event menarik dari distro Bandung adalah clothing expo & sale seasons. Guna memaksimalkan pemasaran produk fashion distro Bandung, bekerja sama dengan event organizer, mengadakan pameran fashion clothing expo. Acara pameran ini diikuti oleh bermacam distro Bandung, secara periodik acara digelar di mall atau gedung expo center.

Setiap digelar event sale season, direspons luar biasa dari kalangan anak muda. Saat event sale digelar pengunjung pun membludak pada ingin memborong baju-baju yang didiskon gila-gilaan. Bahkan distro-distro Bandung, sering road show mengadakan clothing expo & sale season ke luar kota seperti: Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan kota besar lainnya.

Distro Bandung sebagai Wisata Fashion

Awalnya Bandung terkenal pusat jeans yang berada di sepanjang Jalan Cihampelas. Berderat toko-toko menawarkan fashion denim. Guna menarik pengunjung, eksterior toko didesain semenarik mungkin, seperti memajang mobil VW combi di atas teras toko, ada yang memajang patung Spiderman raksasa dan lain sebagainya.

Tak hanya Cihampelas dengan sentra jeansnya, pergilah ke Cibaduyut, di sana Anda bisa memborong sepatu sesuka hati karena Cibaduyut merupakan sentra produksi sepatu rakyat. Sepanjang Jalan Cibaduyut dipenuh oleh showroom sepatu untuk semua kalangan. Bahkan kalau belum puas pengunjung boleh memesan bentuk sepatunya yang diinginkan. Jangan khawatir karena harga sepatu buatan pengrajin Cibaduyut terjangkau.

Hadirnya distro Bandung menambah wahana baru di sektor industri fashion rakyat, barang tentu akan berdampak positif bagi kesejahteraan pelaku industri yang terkait. Datanglah ke Bandung pada akhir pekan atau hari libur nasional. Pada peak season jalan-jalan di Bandung dipenuhi oleh mobil-mobil dari Jakarta khususnya dan umumnya luar Bandung. FO dan distro Bandung pun turut kebanjiran pengunjung dari luar kota. Fenomena ini patut disyukuri bersama.

Sentra Industri Distro Bandung

Sentra Distro Bandung, bisa Anda temui di Jalan Trunojoyo, di sanalah sentra distro Bandung. Di Jalan Trunojoyo No. 23, berdiri semacam gedung di mana terdapat 23 distro Bandung yang berkumpul jadi satu, ke 23 distro ini menjual produknya dalam satu area terpadu.

C59 Perintis Distro Bandung

Pertengahan dekade 80-an di Bandung muncul t-shirt dengan merek C59 dengan desain yang menarik. Keberhasilan C59 merebut hati konsumen muda di Indonesia, tak lepas dari perjuangan Marius Widyarto Wiwied , pemuda yang memotori usaha produksi kaos oblong secara mandiri dan mendistribusikan sendiri, hingga usahanya sukses merebut pasar mode tanah air.

Berawal inisiatif Wiwid sendiri membuka usaha sablon kaos oblong, dengan cara mencari pesanan dari orang-orang di sekitarnya, lama kelamaan dia mulai mendesain kaos oblongnya dengan gambar-gambar menarik. Target pasarnya adalah anak muda. Oleh karena itu, Wiwid merancang dan memproduksi sesuai selera anak muda pada waktu itu.

Pelan namun pasti kaos oblong buatan Wiwid yang diberi merek C59 mendapatkan positif dari pelanggan. Bisa dikatakan PT. Caladi Lima Sembilan merupakan perintis distro Bandung. Semangat independen dalam berkreativitas tanpa batas ini menjadi panutan bagi entrepreneur muda di bidang distro.

Distro Bandung membantu meningkatkan industri kreatif Indonesia. Sukses pengusaha-pengusaha muda yang menggerakkan industri distro Bandung, menandakan geliat bisnis di bidang industri kreatif patut diberi apresiasi tinggi. Ada industri distro besar di Bandung yang sudah mengeksporkan produk fashion-nya ke negeri tetangga. Barang tentu industri ini menjadi sumber baru devisa bagi negara. Sudah saatnya pemerintah membantu industri distro Bandung supaya tumbuh maju.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment