Demam musik terbaru K-Pop saat ini juga sedang merajalela di Indonesia. Para produser pun berlomba-lomba untuk membuat girlband dan boyband yang berkiblat pada musik terbaru K-Pop. Setiap hari kita disuguhi oleh penampilan para girlband dan boyband dari Indonesia yang menyanyikan lagu sambil menari seperti layaknya para bintang musik terbaru K-Pop.
Siapa yang tak mengenal nama-nama seperti Sm*sh, 7 icons dan Cherrybelle, mereka adalah para artis yang menjadikan musik terbaru K-Pop sebagai kiblat mereka dalam bermusik.

Musik Terbaru - Daya Tarik K-Pop
Salah satu daya tarik musik terbaru K-Pop adalah penampilan fisik dari para personil girlband dan boyband Korea yang identik dengan mata sipit dan kulit putih bak susu. Walaupun dari mereka banyak yang melakukan operasi plastik demi mendapatkan kecantikan yang sempurna, tapi tak mengurangi rasa cinta pecinta musik terbaru K-Pop terhadap mereka.Selain penampilan fisik yang menarik, fashion mereka pun sangat unik dan punya ciri khas sendiri dibandingkan dengan grup musik dari belahan dunia manapun yang biasa disebut juga dengan Korean Style. Tak ketinggalan lagu-lagu K-Pop pun sangat enak didengar. Lagu-lagu tersebut menjadi musik terbaru yang sedang melanda dunia. Walaupun lagu Korea pasti menggunakan bahasa Korea tapi banyak yang enjoy untuk mendengarkannya dan hafal menyanyikannya.
Girlband Boyband dari Ranah Musik Terbaru K-Pop
Banyak sekali girlband dan boyband dari ranah musik terbaru K-Pop yang populer dan mempunyai banyak fans yang setia dari banyak negara. Di bawah ini kita akan membahas beberapa dari mereka yang paling terkenal. Berikut di antaranya:1. Musik Terbaru K-Pop dari Girlband Wonder Girls
Mungkin Anda pernah mendengar lagu yang berjudul "Nobody". Nah, itu adalah salah satu lagu dari girlband yang satu ini. Girlband yang digawangi oleh Sunye, Yeeun, Sohee, Yubin dan Hyerim ini menjadi sangat terkenal setelah menyanyikan lagu "Nobody". Musik terbaru K-Pop mengantarkan mereka ke puncak popularitas.Videodari lagu tersebut yang diunggah di Youtube pun telah ditonton oleh lebih dari 25 juta pengguna Youtube dari seluruh dunia. Pada tahun ini mereka membuat gebrakan baru untuk para pecinta musik terbaru K-Pop dengan bermain film produksi Teen Nick yang berjudul The Wonder Girls untuk ditayangkan di Amerika.
2. Musik Terbaru K-Pop dari Girlband SNSD
SNSD merupakan kependekan dari So Nyeo Shi Dae, grup ini melakukan debut pertama mereka pada tahun 2007. Girlband yang dikenal juga dengan nama Girls’ Generation ini terdiri dari 9 personil, di antaranya, Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yoona, Yuri, Sooyoung dan Seohyun. Mereka juga adalah para pelaku dari musik terbaru yang tengah melanda kawasan Asia.Mereka terkenal karena kecantikan para personilnya, dan keseluruhan dari mereka mempunyai kaki yang jenjang nan indah, serta pastinya tubuh yang ramping dan sexy. Single hits yang menjadikan mereka populer berjudul "Gee" yang videonya sudah dilihat sebanyak 65 juta lebih pengunjung situs Youtube. Single hits yang ditelurkan juga pantas digolongkan sebagai musik terbaru.
3. Musik Terbaru K-Pop dari Boyband Super Junior
Boyband yang ada di satu agensi dengan SNSD ini awalnya terdiri dari 13 personil, tapi sayang sekarang hanya tersisa 10 personil, di antaranya Leetuk, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Heechul, Sungmin, Kyuhyun, Siwon, Yesung dan Ryeowook. Mereka juga merupakan pelaku di dalam terciptanya musik terbaru.Lagu-lagunya pun sudah tak asing lagi untuk para pecinta musik terbaru K-Pop di antaranya, Sorry Sorry, Bonamana dan Mr. Simple. Koreografi dan gaya yang keren juga wajah yang tampan mampu menghipnotis para pecinta musik terbaru K-Pop terutama kaum hawa.
Musik Terbaru K-Pop dan Sepak Terjang Agensi
Agensi pencetak bintang terkenal. Kalau tadi kita sudah membahas beberapa girlband dan boyband Korea. Belum lengkap kalau belum membahas agensi yang berperan penting dibalik kesuksesan para girlband dan boyband yang berdiri di balik hadirnya musik terbaru K-Pop tersebut.Dari sekian banyak agensi yang ada di Korea Selatan berikut beberapa 3 agensi terbesar (big three) yang berpengaruh pada perkembangan musik terbaru K-Pop:
1. Musik Terbaru K-Pop dan Sepak Terjang Agensi - SM Entertainment
SM Entertainment adalah agensi terbesar pertama yang ada di Korea Selatan. Didirikan pada tahun 1995, nama SM sendiri diambil dari nama pendiri dari perusahaannya Lee Soo Man, tapi kini merupakan singkatan dari Star Museum (Museum Bintang), karena artis-artis yang sekarang terkenal di kancah musik terbaru K-Pop banyak yang lahir dari agensi ini sebut saja, BoA, SNSD, Super Junior, Shinee, DBSK dan F(x).SM Entertainment juga sering mengadakan konser diluar Korea untuk memasyarakatkan musik terbaru ala Korea yaitu, di Jepang, Paris, New York, Los Angeles dan lain-lain yang disebut SMTown Konser. Tapi ada kontroversi nih ditubuh SM, mereka punya sistem ‘kontrak budak’ yaitu kontrak selama 13 tahun kepada setiap artisnya dan pembagian jumlah uang yang tidak adil. Oleh karena itu, beberapa anggota dari grup asuhan SM mengundurkan diri.
2. Musik terbaru K-Pop dan Sepak Terjang Agensi - JYP Entertainment
Agensi ini juga termasuk yang terbesar, tapi posisinya masih ada di bawah SM Entertaiment. Artis-artisnya banyak juga yang terkenal dalam dunia musik terbaru K-Pop. Artis-artis yang dinaunginya adalah Wonder Girls, Miss A, 2PM dan 2AM. Selain itu agensi ini juga menciptakan bintang-bintang lain yang sekarang sudah terkenal, mereka ditraining di JYP tapi menjadi artis di agensi lain, di antaranya beberapa personil 2Ne1, 4minutes, U-kiss dan Boyfriend.3. Musik Terbaru K-Pop dan Sepak Terjang Agensi - YG Entertainment
Berbeda dengan agensi lainnya, YG Entertainment adalah agensi spesialis untuk jenis musik yang sebenarnya tidak termasuk dalam genre musik terbaru, R&B dan Hip Hop. Agensi ini dibentuk oleh Yang Hyun Suk personil dari band Korea Seo Taiji & Boys pada 1996. YG diambil dari inisial pendirinya Yang Goon atau Yang Hyun Suk.YG Entertainment disebut-sebut sebagai saingan SM Entertainment walaupun jumlah artisnya tak sebanyak SM Entertainment. Beberapa artis yang berada di naungan agensi ini adalah Big Bang, 2Ne1, Se7en dan Tablo. Artis-artis tersebut adalah mereka yang juga menyuguhkan musik terbaru di telinga masyarakat.
Rencananya 3 agensi besar ini akan saling bergabung dan bekerja sama dengan beberapa agensi musik terbaru K-Pop lainnya untuk membuat manajemen besar Asia yang bernama United Asia Management. Sebagai upaya mengembangkan industri musik terbaru K-Pop menjadi musik global.
Dewasa ini, sepertinya demam musik terbaru K-Pop menjadi sebuah gebrakan spektakuler yang membawa dampak besar pada perkembangan musik dunia. Semoga saja dengan keberhasilan musik terbaru K-Pop melanda dunia akan memberi energi positif bagi para musisi kita untuk terus berjuang supaya bisa go internasional. Dan suatu saat nanti musik Indonesia pun bisa dikenal oleh dunia menyamai ataupun melebihi demam musik terbaru K-Pop saat ini.
Maka dari itu yang perlu dilakukan oleh para musisi Indonesia adalah mengembangkan kreativitas dan potensi diri. Untuk mencapai kesuksesannya bolehlah kita mengikuti cara para agensi tersebut untuk memajukan musik terbaru K-Pop di negaranya. Akan tetapi, satu hal yang pasti, boleh menyukai jenis musik apapun dari negara manapun termasuk musik terbaru K-Pop tapi, jangan lupa juga untuk lebih menghargai musik terbaru dari dalam negeri sendiri.
Perkembangan Musik Terbaru Dunia
Merebaknya group band baru yang sering disebut boyband atau girl band, merupakan fenomena musik terbaru di tanah air. Keberadaan group band tersebut ditengarai terinspirasi dari munculnya beberapa boyband dan girlband dari negeri Korea yang kehadirannya cukup menarik minat pecinta musik tanah air.Boyband dan Girlband sendiri dimaknai sebagai sebuah kelompok musik dimana para personilnya memiliki karakter vokal yang berbeda-beda. Dengan perbedaan tersebut, mereka menyatukan suara sehingga bisa membentuk karakter musik yang variatif dan memiliki nuansa yang berbeda.
Disamping itu, personil dari boyband dan girlband ini tidak terlibat dalam proses memainkan alat musik. Sehingga semua personil dari band-band tersebut memiliki posisi yang sama sebagai vokalis. Hal inilah yang membedakan dengan group band yang sebelumnya dikenal.
Dalam sebuah kelompok band, biasanya hanya memiliki satu orang yang berposisi sebagai pengisi suara atau vokalis. Sedangkan personil lainnya berposisi memainkan alat musik yang mereka butuhkan. Dengan demikian, antara kelompok band satu dan lainnya, tidak harus memiliki jumlah personil yang sama. Sebab, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya bermusik mereka.
Tengok saja, band The Virgin. Group band ini hanya memiliki dua orang personil tetap yaitu Mitha dan Dara. Vokalis utama dari band ini diisi oleh Dara sedangkan Mitha berposisi sebagai gitaris yang merangkap vokalis kedua atau backing vokal.
Mereka berdua mampu membentuk sebuah group band dengan adanya beberapa pemain tambahan untuk memainkan beberapa alat musik. Pemain tambahan ini sering disebut sebagai additional player, dimana status mereka bukan sebagai personil tetap sebuah group band.
Sehingga keberadaan mereka hanya sebatas ketika band tersebut memerlukan saja. Selain itu, untuk posisi yang diisi oleh para additional player tersebut, personil yang mengisinya tidak selalu tetap dan bisa berubah-ubah. Itulah mengapa, dalam susunan personil band tersebut nama mereka tidak dicantumkan dan hanya dilampirkan sebagai pemain tambahan saja.
Lain halnya dengan pilihan yang dilakukan oleh group band lain seperti Slank. Group band ini memiliki personil yang disesuaikan dengan jumlah kebutuhan band mereka. Dengan demikian, pada setiap posisi sudah ada personil tetap yang akan mengisinya. Mulai dari vokalis, gitaris hingga penabuh drum memiliki personil yang tetap dan tidak berubah. Dan apabila ada personil dalam posisi tertentu yangkeluar mereka akan segera mencari pengganti orang yang mampu mengisi posisi tersebut dan memiliki karakter musik yang selaras dengan gaya bermusik Slank.
Musisi Asing
Di tengah era modern seperti sekarang ini, perkembangan musik terbaru berjalan dengan sangat cepat. Dukungan teknologi menjadikan batasan ruang dan waktu bukan lagi sebuah hambatan bagi para musisi untuk memperkenalkan karya mereka ke seluruh penjuru dunia. Dengan demikian, semua musisi memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh keberhasilan di berbagai wilayah dunia.Selain itu, adanya media internet memudahkan seseorang untuk memperkenalkan kemampuan bermusik mereka ke dunia. Bukan hal aneh lagi, apabila ada artis yang bisa meraih kesuksesan dengan berawal dari penampilan mereka di dunia maya. inilah fenomena musik terbaru dunia yang berkembang saat ini.
Di tingkat internasional, kita mengenal Justine Beiber. Remaja yang berasal dari Ontario, Kanada ini pada awalnya memang memilih jalur pencarian bakat untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Sayangnya, pada ajang tersebut remaja berusia 16 tahun ini tidak mampu meraih gelar juara. Namun, Beiber tidak patah semangat dan terus berusaha dengan berbagai macam cara untuk menunjukkan kemampuannya pada dunia. Melalui jalur internet pada salah satu situs yang menyediakan fasilitas untuk pengunggahan berbagai macam file tersebut, Justine Beiber memulai aksinya di dunia musik internasional.
Perjalanan karier Beiber ini bermula dari keikutsertaannya pada berbagai ajang pencarian bakat musik di Amerika. Meski sempat mengalami kegagalan berulangkali, namun Beiber selalu mendokumentasikan penampilannya di atas panggung. Dari semua dokumentasi pribadi tersebut, selanjutnya diunggah melalui situs YouTube.
Pada mulanya, Justin Beiber hanya melakukan hal ini demi kepentingan pribadinya. Antara lain dipersembahkan bagi para sahabatnya yang tidak sempat melihat penampilannya di atas panggung. Itulah mengapa, Beiber kerap menyanyikan beberapa lagu yang sudah pernah dibawakan oleh penyanyi ternama dan mendapatkan posisi di jajaran atas berbagai tangga lagu dunia.
Keberuntungan Beiber mulai berubah, pada saat seorang marketing dari suatu perusahaan rekaman melihat penampilannya di situs YouTube tersebut. Sooter Braun, dari So So Def, melihat bahwa Beiber memiliki bakat dan kemampuan di bidang musik.
Itulah mengapa Braun kemudian menghubungi Beiber dan mengajaknya untuk datang ke Atlanta, Georgia. Semua fasilitas perjalanan Beiber ditangung oleh Braun demi mewujudkan keinginannya bertemu dengan Usher, seorang penyanyi ternama yang lagunya turut dinyanyikan Beiber dalam videonya di YouTube.
Setelah bertemu langsung dengan Usher, Beiber diminta untuk menunjukkan kemampuannya secara langsung di hadapan Usher. Performa suara Beiber yang memiliki karakter unik, menarik perhatian Usher yang selanjutnya bersedia untuk menghubungkannya dengan produser rekaman.
Akhirnya, Usher menghubungi L.A. Reid yang merupakan pemilik Island Def Jam serta memberikan penawaran kontrak rekaman di bawah label Island Record. Proses ini cukup fantastis, apalgi jika mengingat usia Justin Beiber yang masih berusia 15 tahun saat itu. Dari sinilah, single perdana Justin Beiber yang berjudul “One More Time” berhasil diluncurkan termasuk pula video klipnya pada tahun 2009.
Single tersebut cukup mampu menarik minat pecinta musik di Amerika yang ditandai dengan posisi single tersebut di papan atas tangga lagu Amerika. Kesuksesan ini disikapi pihak produser dengan memberikan kesempatan pada Justin Beiber untuk membuat album. Akhirnya, album perdananya dengan title My World, berhasil dirilis pada bulan November 2009.
Sebagaimana lagu singlenya yang berhasil meraih popularitas, album perdana Justin Beiber ini pun kembali maraup kesuksesan. Dan tak berapa lama kemudian, tepatnya bulan Januari 2010, kembali diluncurkan album kedua yang bertajuk Never Say Never.
Dengan mengandalkan single utamanya yang berjudul Baby, album ini merupakan album yang penjualannya paling tinggi dari seluruh album yang dibuat oleh Justin Beiber. Lagu Baby ini dinyanyikan Justin Beiber berduet dengan Ludarrics yang merupakan seorang rapper.
Fenomena lagu ini demikian kuat, termasuk di Indonesia. Iramanya yang ceria dengan dukungan penampilan seorang Justin Beiber di video klipnya, menjadikan banyak remaja putri yang tergila-gila padanya. Mereka ini menyebut dirinya sebagai Beiber Fever, yaitu kelompok penggemar Justin Beiber.
Penggemar Justin Beiber ini bukan hanya berasal dari kalangan biasa saja. Bahkan beberapa artis pun dengan terang-terangan mengaku menjadi penggemar Justin Beiber. Dua artis ternama, Jeniffer Love Hewwit dan Beyonce bahkan menyempatkan diri untuk berpose bersama Justin Beiber dalam pesta Grammy Award ke 52.
Konser Justin Beiber sendiri selalu dipenuhi oleh para penggemarnya. Mereka rela berdesak-desakan sedan membayar tiket seharga jutaan rupiah hanya untuk melihat artis pujaannya secara langsung. Seperti di Indonesia, sebanyak 10.500 tiket yang dijual dengan harga mulai Rp. 500 ribu hingga satu juta rupiah pun habis terjual. Hal ini menunjukkan bahwa Justin Beiber memang memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pecinta musik tanah air.
0 comments
Post a Comment