Kita patut mengacungkan jempol dengan kemampuan Yamaha mendobrak dominasi Honda. Sejarah Yamaha selama ini selalu kalah saing dengan Honda dan hanya mampu mensejajarkan diri dengan Suzuki dan kelas dibawah lainnya. Bagaimana sejarah Yamaha berdiri dan berkembang, ayo kita kenali lebih dekat.
Mengenal Sejarah Yamaha
Nama besar Yamaha tidak bisa dilepaskan dari penggagas sekaligus pendiri Yamaha Motor Corporation di Jepang, yaitu Genichi Kawakami. Lahir di Hamakita, sebuah kota yang dekat dengan Hamamatsu, 30 Januari 1912. Genichi Kawakami merupakan anak dari kaichi Kawakami, Presiden dari Nippon Gakki generasi yang ketiga. Genichi Kawakami lulusan dari Sekolah Tinggi Takachiho Komersial di bulan Maret 1934. Dia bergabung dalam Nippon Gakki pada bulan Juli 1937.Prestasi tertingginya adalah menjadi presiden Nippon Gakki pada usia 38 tahun ditahun 1950. Nippon Gakki inilah cikal bakal berdirinya Yamaha Motor Corporation. Posisi yang didapatkan buakn karena rekomendasidari orangtuanya dan langsung menjabat Presiden, tetapi secara bertahap mulai dari jabatan manajer perusahaann, kemudian naik menajdi general manajer senior hingga diangkatnya menjadi Presiden ketiga dari Nippon Gakki
Sulitnya kondisi di Jepang pada saat Genichi menjadi Presiden, menjadi tantangan terberat untuknya. Usai perang dunia ke-2 membuat Jepang menjadi sangat terpuruk secara keseluruhan. Para pegawai perusahaan berada pada situasi sulit dengan jam kerja panjang serta upah minim. Namun seorang Genichi justru memiliki sebuah ambisi untuk keluar dari kondisi sulit tersebut. Tanggung jawabnya sebagai pemimpin perusahaan membuatnya berpikir untuk mencoba memproduksi sepeda motor. Gagasan itu tercetus pada tahun 1953.
Munculnya Capung Merah
Sejarah motor Yamaha pertama dalam bentuk prototype muncul pada Agustus 1954. Diberi nama Yamaha YA-1, motor ini berkapasitas 125cc dan digelari Aka tombo atau Capung Merah. Genichi menggunakan material yang sudah tidak digunakan untuk memproduksi sebuah sepeda motor.Sebelumnya Yamaha memproduksi baling-baling kayu untuk pesawat terbang dan lalu berkembang dengan bahan logam sebelum akhirnya berhenti setelah perang dunia berhenti. Itulah awal mula sejarah Yamaha dan motornya dirintis.
Berdirinya Yamaha Motor Corporation
Divisi pabrikasi sepeda motor Nippon Gakki dirasa perlu untuk berdiri sendiri dan akhirnya menjadi Yamaha Motor Corporation pada tanggal 1 Juli 1955. Jumlah pekerja pada awalnya berjumlah 274 orang dan berkapasitas produksi sekitar 200 unit motor/bulan.Dalam perkembangannya, Yamaha Motor Corporation memproduksi produk lain seperti mesin kapal, raket tenis, mobil salju, mobil golf, dan lain-lain. Karakter Genichi yang terus-menerus mencoba mencari inovasi terbaru dari hasil pengamatannya, membuat Yamaha semakin berkembang dari waktu ke waktu.
Pada tahun 1977, Genichi Kawakami mengundurkan diri dari posisinya di Yamaha Motor dan diteruskan oleh putranya yaitu Hiroshi Kawakami. Beliau sempat menjadi penasehat tertinggi perusahaan pada tahun 1983. Dalam masa pensiunnya, Genichi aktif menulis buku terutama tentang dunia music. Beliau sempat mendirikan sekolah komunitas music terbesar dan terkenal di dunia yaitu Yamaha Music.
Dominasi Otomotif Yamaha
Dengan slogan Yamaha semakin didepan-nya, Yamaha mencoba dan berusaha untuk terus menjadi pemimpin persaingan motor di Indonesia dan dunia. Melalui 2 pembalap utamanya di motogp,Yamaha berhasil memperoleh gelar prestisius Juara Motogp tiga gelar sekaligus yaitu gelar team, pabrikan, dan pembalap. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo menjadi penyelamat kemenangan Team Yamaha disetiap pertandingan. Begitu dominasinya Yamaha didunia otomotif, membuat tingkat penjualan motor Yamaha semakin meningkat dari tahun ketahun. Beberapa gelar ICSA Award dan beberapa penghargaan lainnya, berkali-kali menjadi milik Yamaha. Dan untuk kita, jangan pernah berhenti berinovasi dan berkreasi bila ingin maju. Karena siapapun asal mau berusaha dengan keras, akan layak untuk semakin didepan. Seperti Motor Yamaha.Genichi mempunyai keyakinan kalau sebuah produk bukanlah produk sampai bisa mendominasi dunia, hingga pada tahun 1958 yamaha membuktikan diri dengan menjadi produsen pertama yang mengikuti perlombaan internasional. Dan hasil yang didapat di perlombaan Catalina Grand Prix di Amerika Serikat berhasil mendapat 6 penghargaan. Prestasi ini mendapatkan apresiasi dan pengakuan langsung dari pengemar balar di Jepang dan juga di Amerika Serikat.
Mungkin ini merupakan langkah awal dan Yamaha tidak menyia-yiakan kesempatan ini dan mengambil tindakan cepat untuk memasarkan produk sepeda motornya melalui salah satu distributor independen yang ada di California. Saat itu di tahun 1958 distributor yang bernama Cooper Motors mulai menjual jenis motor YD-1.250 da MF-1 yang merupakan sepeda motor dengan kekuatan 50cc 2 tak. Kemudia di tahun 1960 Yamaha melalui Yamaha International Corporation mulai melakukan penjualan melalui dealer yang ada di Amerika Serikat.
Dengan melalui berbagai pengalaman selama lawatan diluar negeri, di tahun 1960 Genichi Kawakami mulai mengalihkan industrinya tidak hanya pada motor saja tetapi mulai merambah ke industri kelautan. Produksi yang dibuat saat itu adalah kapal Yamaha yang pertama dan motor tempel dan perahu. Dengan awal ekspansi yang signifikan di bidang produksi yang baru dia membuat mesin baru yang mengunakan teknologi FRP. Meodel yang diciptakan pertama kalia dalah CAT-21 dan kemudian diikuti perkembangnnya oleh RUN-13 dan untuk motor tempel diciptakan P-7 123cc.
Di tahun 1963 yamaha menunjukan pengembangan teknologi yang mutakhir, inovasi yang ada mengembangkan teknologi dengan sistem autolube. Teknologi ini diciptakan untuk menangulangi ketidaknyamanan Pra Pencampuran antara bahan bakar dan minyak, ini merupakan salah satu solusi pemisahan sistem injeksi minyak ketika mengunakan stroke model.
Melalui perkembangan dan inovasi yang ada Yamaha membangun reputasi yang kuat sebagai salah satu produsen unggul. Dan ini bsia digambarkan dalam salah satu proyeknya yang pertama kali dilakukan di Iwata Jepang. Tempat baru bagai Yamaha ini dibangun pada tahun 1966 dan pemindahannya terjadipada tahun 1972. Yamaha juga pernaha bekerjasama dengan Toyota untuk memproduksi mobil sport 2000 GT, mobil ini dibuat dengan edisi terbatas.
Sejarah yang panjang membuktikan Genichi Kawakami memimpin Yamaha menjadi salah satu produsen penghasil kendaraan bermotor dan juga mesin-mesin motor ynag berkualitas. Dari tangannya dia menciptakan dominasi produsen motor yang mendunia, dan berkat dialah kita bisa mengunakan fasilitas kendaraan yang nyaman dan aman. Seperti salah satu motonya Yamaha selalu berusaha memberikan kenyamanan dan keamanan ketika mengendarai kendaraan bermotor.
Dan melalu usaha keras yang dijalankan selama ini Yamaha mampu menciptakan berbagai kendaraan mulai dari kendaraan bermotor, mesin kapal, dan berbagai mesin yang bernfaat yang lainnya. Dan melalui usaha yang dijalankannya, mesin buatan Yamaha mendunia. Dengan berbgai inovasi dan peciptaan yang baru yamaha mampu mengambil hati pengunannya untuk tetap setia mengunakan produk Yamaha. Genichi Kawakami meniggal dunia pada tanggal 25 Mei 2002 setelah usaha kerasnya suskes besar namun semangat dan visinya selalu melekat dihati orang-orang yang mengenalnya.
0 comments
Post a Comment