Cara Merawat Vespa

No Comments
Kini, para pencinta vespa seakan dimudahkan oleh adanya tips cara merawat vespa yang berseliweran di internet. Terlebih bagi mereka yang masih sangat awam dengan cara merawatnya. Vespa, saat mendengar kata Vespa yang terbayang pada kita pasti adalah motor tua dengan modelnya yang dapat dikatakan cukup 'antik'. Bentuknya yang unik merupakan salah satu alasan seseorang membeli atau memakai vespa. Tapi tak jarang pula orang tak menyukai sepeda motor ini disebabkan karena modelnya yang 'antik' tersebut.

Kini, telah ada skuter matic yang ditawarkan pada masyarakat dengan model yang modern, tapi tetap tidak meninggalkan modelnya yang unik dahulu. Dengan adanya skuter matic modern tersebut, makin banyaklah yang menyukai sepeda motor ini. Berbicara mengenai sejarah vespa, tak banyak yang mengetahui kapan tepatnya vespa muncul di Indonesia. Sebelum mengetahui tips cara merawatnya, mari kita ketahui terlebih dulu sejarah munculnya vespa di Indonesia.

cara merawat Vespa

Sejarah Hadirnya Vespa di Indonesia

Vespa sendiri adalah sebuah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Yang mana perusahaan induk dari vespa adalah Piaggio & Co. SpA. Oleh perusahaan tersebut, vespa dibangun pada 23 April 1946 di Florence. Piaggio adalah perusahaan pembuat kendaraan roda dua paling besar di Eropa, juga keempat di dunia dilihat dari sisi penjualan. Di awal kehadirannya, vespa memiliki saingan berat yaitu skuter Lambretta. Namun kini sebagai motor skuter kuno, vespa tak lagi memiliki saingan.

Vespa adalah salah satu alat transportasi yang tak mahal atau bisa dibilang kendaraan yang irit karena harga vespa relatif murah. Meski murah, tapi vespa selalu berkualitas. Bertutur mengenai sejarah vespa, pada 1884 Piaggio dibangun oleh seorang pemuda berusia 24 tahun bernama Rinaldo Piaggio dengan menghasilkan kapal mewah, kereta, mesin, sampai-sampai body truk. Berjalannya Perang Dunia I mendorong perubahan terhadap kegiatan Piaggio selama beberapa dasawarsa. Saat itu mereka menginjak memproduksi pesawat juga seaplane.

Pada 1917, Piaggio mendirikan sebuah pabrik baru di Pisa beserta sebuah pabrik di Pontedera empat tahun selanjutnya. Sebelum pabriknya hancur dikarenakan perang, Piaggio menjadi salah satu produsen pesawat terbaik di Italia sebelum dan setelah Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, dua putra Rinaldo Piaggio yaitu Enrico dan Armando mendirikan kembali pabrik di Pontedera. Selepas membawa mesin dari pabrik Biella, Enrico memproduksi lagi sebuah produk yang berfokus pada mobilitas personal.

Vespa adalah hasil dari ketetapan Enrico Piaggio yang bersikukuh untuk membuat sebuah produk dengan biaya yang rendah. Semasa lebih dari enam dasawarsa mendominasi segmen skuter, sampai kini Vespa menjadi model unik industri desain yang tak akan pernah mati. Lantaran inovasi, baik teknologi maupun desain yang sudah ditumpahkan, telah membuat produk Vespa lama-kelamaan beralih dari sebuah produk transportasi menjadi salah satu andil dari sejarah sosial.

Vespa adalah lambang dari kreativitas gaya Italia yang terpopuler di seluruh dunia, yang ditunjukkan oleh keberhasilan penjualan dari tahun ke tahun. Di samping itu, vespa juga populer sebagai salah satu merk yang berlindung di bawah payung Piaggio Group yang memiliki markas di Pontedera (Pisa), juga menjadi salah satu pimpinan manufaktur roda dua di dunia.

Awal kemunculan sepeda motor ini di Indonesia susah untuk dijejaki. Beberapa pengimpor menghadirkan vespa langsung dari Italia pada 1965. Pada 1960, vespa hadir di Indonesia melalui Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), PT. Danmotors Vespa Indonesia (DVI). PT. Danmotors Vespa Indonesia (DVI/Danmotors) merupakan produsen vespa terbesar di Asia Tenggara juga sekaligus sebagai mata rantai yang tidak terputuskan dari sejarah vespa di dunia.

DVI merupakan sebuah perusahaan hasil kerja sama antara Indonesia dengan East Asiatic Company yang berdinas di Denmark. Sepeda motor vespa menjadi kendaraan roda dua kesukaan anak muda Indonesia di tahun 1970. DVI bahkan sanggup memproduksi sepeda motor vespa guna diekspor ke luar Indonesia, teristimewa ke Thailand. Sayangnya, pada 2007 perusahaan ini kemudian berhenti berproduksi.

Sebelum zaman motor cub (bebek) di Indonesia, skuter jadi pilihan utama untuk kendaraan harian yang kredibel, efektif, juga tepat guna. Seiring beruntunnya penerobosan pabrikan Jepang atas versi bebek, popularitas skuter pun padam. Ditambah dengan krisis moneter 1997/1998 yang melanda, membuat DVI mengecap hantaman luar biasa. Umumnya DVI memasarkan produknya sesudah melalui proses uji kelayakan oleh Piaggio.

Tips Merawat Vespa

Sepeda motor yang dekat dengan sebutan 'motor jadul' yang sering mogok ini, sesungguhnya dapat berjalan dengan baik tanpa mogok. Kunci perawatannya terletak pada perawatan busi dan accu. Berikut tips-tipsnya:

1. Bersihkan busi

Vespa adalah sebuah kendaraan roda dua yang businya wajib sering diganti. Tapi bila sepeda motor ini dirawat dengan baik maka tak akan seperti itu. Merawat busi artinya menjaga kebersihannya juga memastikan kualitas bahan bakar yang dipakai. Kualitas vespa bergantung pada kualitas bahan bakar dan oli pelumas yang dipakai.

Bahan bakar yang memiliki kualitas rendah akan mendatangkan jelaga. di komponen-komponen pembakaran. Lama-kelamaan jelaga tersebut akan menyelubungi lapisan isolator. Akan lebih baik memakai bahan bakar dengan oktan tinggi. Pastikan untuk memakai oli yang memiliki kualitas baik dengan kandungan bahan aditif yang kecil. Sepatutnya busi dibersihkan secara berkala dari jelaga.

Membersihkan busi tidaklah sulit. Bukalah busi dari silinder cop-nya, lalu bersihkan dengan menggunakan kuas yang sudah diolesi kerosin (bensin atau solar). Atau dapat pula memakai sikat besi untuk membersihkannya. Kuas dan sikat besi bermanfaat untuk membersihkan bagian luar busi. Sedangkan untuk bagian dalam, pakailah tiga sampai lima utas kawat baja bekas tali kopling yang sudah tak terpakai. Pada lubang isolator, isilah bensin kemudian korek bagian busi yang berkerak dengan kawat baja tersebut.

Apabila busi telah benar-benar bersih, pasang kembali busi tersebut ke dalam silinder cop. Jangan pernah membersihkan busi yang dalam keadaan panas ataupun hangat. Agar umur busi lebih lama, sebelum membersihkannya pastikanlah busi telah dalam keadaan dingin.

2. Bersihkan dan simpanlah busi bekas Anda dalam jangka yang cukup lama

Saat mengganti busi, busi lama tersebut tak usah dibuang. Bersihkan dan simpanlah busi bekas dalam masa yang cukup lama. Karena sesungguhnya busi tak pernah mati. Beberapa minggu berikutnya, busi bekas tersebut dapat dipakai kembali dengan baik.

3. Memelihara busi

Memelihara busi bermakna memakai bahan bakar berkualitas. Di samping itu juga berarti merawat karburator. Untuk memelihara busi dan karburator, bawalah kendaraan roda dua ini ke bengkel secara berkala. Ada satu cara memelihara busi bagi konsumen yang memiliki dana sedikit, yaitu air direbus dalam panci, kemudian saat mulai mendidih, masukkan panci dan diamkan selama beberapa saat. Apabila air nyaris sedikit lagi, matikanlah api dan angkat businya.

4. Memelihara accu

Sebagai halnya kendaraan roda dua lainnya, accu adalah komponen vital dari sebuah motor. Untuk memelihara accu, pastikan air accu dikontrol dan diisi setiap bulannya. Bersihkan kepala accu sesering mungkin dengan memakai kuas yang telah dibasahi, accu akan awet dan tak mengadat. Bila memakai accu kering, maka Anda tak perlu mengendalikan dan memeriksa air accu. Namun, pastikan bahwa kepala accu tak tersiram air. Bila itu sampai terjadi, kemampuan accu kering pun akan menjadi rendah.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment